Bongkar Laptop

Ku seorang pria yang terlahir dengan insting ingin tau yang tinggi. Banyak mainanku yang berakhir tragis akibat kemampuan membongkar pasang yang kumiliki. Gejala menyimpang ini ku alami saat masih duduk dikelas 2 SD dimana kk ku lagi membuat sebuah rangkaian elektronik. Dengan polosnya aku ikut memperhatikan dan mencoba ikutan membongkar semua mainanku.

Aku masih ingat dulu punya mainan mobil remote yang dapat berubah menjadi robot. Aku penasaran dari sebuah mobil kok bisa berubah menjadi robot. Apa gerangan yang menggerakkan mainan itu. Alhasil dengan penuh napsunya aku bongkar itu mainan, dan ku dapati dua buah dinamo sebagai sumber penggeraknya. Dengan otak terbatas ala anak SD kelas 2, aku simpulkan dinamo itulah yang membuat mainan bergerak. And what next?? Mainan berakhir menjadi kepingan puzel, ku hanya bisa membongkar, iya bener spesialis bongkar aja, gak bisa masang.. hehe..

Kebiasaan ini berlanjut hingga kelas 6 SD saat aku dibelikan komputer pertama. Saat itu komputer rusak, ada teknisi yang datang memperbaiki. Masih dengan insting ingin tau, aku memperhatikan dengan seksama, dan tanpa sadar akupun bertanya satu persatu komponen yang didalam komputer itu. Alhasil akupun mengetahui mana yang hardisk, motherbord, floppy disk dan kode program Qbasic.

Ketertarikan inilah yang membuatku ikut kursus teknisi komputer saat kelas 2 SMA tahun 2002 silam, dan menjadi peserta termuda dikelas. Tapi selama itu aku hanya bisa membongkar komputer desktop, aku belum bisa bongkar laptop karena gak ada kelinci percobaannya.

Baru minggu kemarin aku memberanikan diri membongkar laptop axioo ku. Dengan napsunya aku lepas semua mur, chasing, dvdrom dll… bongkar habis… ooohh…. ternyata gak sulit kok… sip… kemudian dipasang lagi… dan yes… aku telah membongkar sebuah laptop dan ajaib laptopnya masih idup hehe. seuatu yang sederhana tapi berati bagiku ^_^. Ini nich foto laptop hasil bongkaranku :

Laptop Axioo ku, keliatan tuh dalamannya

Laptop Axioo ku, keliatan tuh dalamannya

18 thoughts on “Bongkar Laptop

  1. Angga memang berotak jenius. Seharusnya kam kuliah di tekhnisi atau programming komputer angga, bukan fakultas EKONOMI. Bakat alamiahnya jadi kurang kepakai di kampus loe ‘dulu’

  2. Jangan dengerin sandi, apapun jurusannya yang penting pengalaman yang di cari, aq aja yg lulusan S3 (SD,SMP,SMA)dah hampir 50 laptop q modif alias pimp my laptop, hehe

    NB: Kalo mau modif laptop, jangan pernah menggunakan laptop yang masih garansi, rugi nantinya, hehehe …

  3. Nandha on

    Mas gmana c caranya bongkar laptop pas bagian main boardnya..
    klo sya,ganti RAM,HARDISK,Keyboard,,LCD

    tapi mainbaoard atasnya gw ga bsa2 buknaya

  4. Marlin on

    Mas Angga

    Tolong ajarin dong cara bongkar LCDnya tuh gimana caranya ?
    Untuk baut LCDnya ada dimana ?
    Tolong ya Mas…???

    @marlin : wah belum pernah bongar LCD nya jg mas. tp kalau di lihat2 LCD ga pake baut, alias cukup di congkel aja dengan hati2. 🙂

  5. Marlin on

    Mas Angga..
    Nyongkelnya dibagian mana ya ?? bawah ? atas ?
    Mohon pencerahannya..

    Marlin

    @marlin : wah sy ga berani kasih saran, soalnya belum pernah bongkar LCD laptop jg ^_^ hhmmm.. silahkan gunakan perasaan anda untuk mencongkel. en-be : segala kerusakan yg timbul akibat tulisan ini, diluar tanggang jawab penulis.. ixixixixixixi :p salam teknisi ^_^

  6. wackyboy on

    sama kyk gw nih bro angga
    suka bongkar,suka ingin tahu,tp bedanya gw gak pake kursus hehe
    tp banyak korban dari komputer dan hardwarenya telah jadi korban haha

    kok sama lg.tp klo ane malah nyasar ke hukum hihi
    tp gpp.kan komputer bisa jadi hobi. cmn pada bingung temen2 kok mahasiswa hukum malah bawa laptop???

    yg penting. tetep asyik aja. punya banyak pengalaman banyak ilmu kali berguna nanti kelak

  7. mas, mau tanya. laptop saya mati dengan gejala mati total dan kalau ditancapin adapter, adapternya kedap kedip. itu kenapa? kalo seumpama bootnya mati apa ada ang jual? makasih sebelumnya

  8. ardian on

    salam kenal, saya sudah berhasil membongkar 1 unit laptop toshiba lawas sampai ke LCDnya. setelah kupasang, laptop mati total. kapok deh jadinya …

  9. q jga blum pernah bongkar laptop,,,tp ni mlm q dsruh bongkar laptop teman,,,gmn dong!!!!strezzzzzzz……..but just do it!!!!

  10. Nani Andriyansyah on

    wah kayakna kita punya insting yang sama nih???
    hehehehe…..
    tapi q jga pernah bongkar laptop COMPAQ Presario punyaq,tapi ga sampai bongkar semua kaya punya ente,
    paling cuma bongkar keyboard,hardisk,RAM,DVD-Rom.
    pas mau bongkar casingnya susah banget,kayakna ada baut yang masih ngumpet,pas mau di buka keras banget,
    dengan sangat terpaksa q sudahi aja bongkar2na,
    padahal q masih pengen bongkar wat bersihin kipas pendinginya,..
    huuuuuuuuuu……

  11. abram on

    maenarik… berrasa ingin tau yg besar. andai sj saya bisa… aku juga mau lihat jeroan axiio neonku.pasti asik y. slamat!!!

  12. wah bagus daya ingin tau yang besar , kamu masih lumayan aku mau kursuS komputer ak nekad aj datang ketoko komputer nayak -nanyak, soalnya keluarga ku dulu miskin kali bro dan aku suka it jadi kayak mana yaa. cari kelinci percobaan aku pinjam laptop kawan yang habis masa garansi nya , abis itu akubongkar abiz la tu laptop,hal hasil laptop itu hidup. tpi sekarang aku dah menikmati hasil yang telah aku capai, klo ada laptop rusak dan pc dapat dihubungi ke email martinno84@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.