Musik Panting

Musik tradisional… aaahhh… musik tradisional seakan hilang dimakan waktu. Perlahan-lahan mulai tidak terdengar lagi, bahkan para pemainnya pun mayoritas orang-orang berumur. Apakah tidak ada regenerasi? Bagaimana jika mereka, sang orang-orang tua itu tidak mampu lagi memainkannya? Apakah musik tradisional akan hilang bersamanya?

Musik panting misalnya, musik tradisional suku banjar di kalimantan selatan. Sekarang hanya terdengar disaat festival-festival saja. Padahal musik panting mempunyai kekayaan tersendiri yang tidak didapatkan pada alat musik modern.

Panting dalam bahasa banjar dapat diartian sebagai petik, yaitu membunyikan senar dengan tenik petikan. Tidak ada yang tau pasti kapan musik panting tercipta. Tapi menurut penuturan yang berkembang. Musik panting sudah ada saat penjajahan belanda berarti sekitar abad ke 18. Waktu itu musik panting diiringi dengan instrumen lain seperti, gong, suling, babun dan rebab. Tapi setelah biola masuk ke kerajaan banjar, maka kedudukan rebab digantikan oleh biola.

Musik panting kerap dikaitkan dengan hal-hal mistis. Tidak jarang pementasan tari (yang pernah aku tonton) yang diiringi musik panting, ada saja penari yang kerasukan atau tidak sadarkan diri. Tapi di luar semua itu, musik panting masih layak dan sangat layak untuk di pelajari, dimainkan dan ditonton.

musik panting ikut memeriahkan HUT ke 482 Kota Banjarmasin

musik panting ikut memeriahkan HUT ke 482 Kota Banjarmasin

Cuplikan Musik Panting

direkam saat HUT ke 482 kota Banjarmasin

Anggazone Music

Musik Panting – Khas Kalimantan Selatan

posting sejenis tentang musik panting
http://banuakita.wordpress.com/2008/05/03/tentang-musik-panting

11 thoughts on “Musik Panting

  1. musik asli banua, keren ..
    coba di cross dengan musik modern, seperti di lagunya EdanE ver. Borneo..
    keren abis, tapi jarang bahkan blum pernah saya tonton di festival2 musik tuh

  2. Ya kembali kepada biangnya (orang tua), yang tidak pernah mengenalkan musik panting sedini mungkin. Mereka lebih suka anaknya main yang modern seperti gitar, drum, atau keyboard. Mungkin Musik panting beberapa tahun lagi akan punah. Mari kita lestarikan.

  3. ^kunjungan balik :)^

    musik tradisional… hmmm suka musik jawa…
    tp sukanya pas ada festival aja hehehe
    klo didenger lewat mp3 kurang ngena (buat saya loh ya)

    eh… klo didi kempot itu juga musik tradisional g sie???
    **dikasih lirikan maut ma didi kempot hahahahaha**

  4. Ah ga melulu org tua ko
    Bukti nyata, dsaung angklung udjo dbandung pagelaran ke wisman atw wislok selalu dtampilkan oleh anak2

    Tergantung semua pihak, daya kreatifitas sang seniman jg byk dtuntut bwt ngelestariinnya.

  5. Saya suka musik panting… KEREN… Tapi sayang jarang yg ada rekaman nya bener2 bener bagus. Cuz nunggu versi LIVE kan jarang2 juga yah… Kalo dah bisa main musik panting ajarin saya yaaah.. hehehe..

  6. Musik panting asyik juga kalau dikolaborasikan sama musik zaman sekarang, bikin tambah fresh…

  7. firman sungai tabuk on

    aku suka bgt sama musik panting dan aku mau belajar musiknya tapi ga tau haru belajar sama siapa…
    klo ada yg bisa musik panting dan mau ngajari aku bisa hubungi 081348662946. lastariakan musik banua kita…..

  8. H.Rizky Arisandi Ridhany on

    dmn yu lah unda kawa mandunlud musik panting,,,…

    unda parlu banar nah,,,…..

    mohon pambaritahuannya lah,,,…..

    ditunggu